cara menggunakan bpjs

3 Cara Mudah Penggunaan BPJS Secara Bijak

Ingin tahu cara penggunaan BPJS secara bijak? Yuk, kita bahas secara detail disini. BPJS memang difungsikan sebagai pemberi proteksi pada seluruh kalangan masyarakat guna mendapat akses kesehatan dengan adil. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan jika sobat menjadi salah satu peserta BPJS. Menurut Futuready, salah satu manfaatnya ialah sobat tidak perlu mengkhawatirkan dana yang akan dikeluarkan saat sakit. Jadi, semua peserta BPJS dipastikan akan mendapat manfaat proteksi biaya dengan pengobatan secara gratis terutama terhadap penyakit yang mereka derita. Lalu syarat untuk menerima layanan kesehatan secara gratis dari BPJS ksehatan bagaimana? Syarat yang paling utama ialah harus mempunyai kartu BPJS sebagai tanda bukti bahwa pasien tersebut benar-benar sudah terdaftar sebagai angggota BPJS Kesehatan.

Agar lebih jelasnya, bisa sobat perhatikan cara penggunaan BPJS kesehatan secara tepat dibawah ini. Ada beberapa cara penggunaan BPJS kesehatan Menurut Futuready. Berikut caranya :

  1. Pastikanlah sobat bawa kartu BPJS ketika berobat ke rumah dokter, klinik ataupun puskesmas yang menerima program BPJS kesehatan agar nantinya setelah berobat tidak dikenakan biaya sepeserpun.
  2. Agar sobat mendapatkan pelayananan kesehatan dari banyaknya rumah sakit pemerintahan maupun rumah sakit swasta yang tersebar diseluruh Indonesia, sobat sebagai anggota BPJS kesehatan harus punya surat rujukan yang berasal dari dokter, klinik maupun puskesmas yang sobat pilih. Sobat tidak diperbolehkan langsung berobat menuju rumah sakit apabila tidak bawa surat rujukan tersebut. Hal demikian diharapkan agar tak terjadi penumpukan atau terlantarnya pasien dalam rumah sakit.

Jika ingin mengharapkan penanganan yang lebih lanjut atau ingin melakukan pengobatan dengan sistem rawat jalan, seperti rawat inap di dalam rumah sakit alangkah baiknya pasien harus terlebih dulu persiapkan kelengkapan semua dokumen diantaranya fotokopi KK, fotokopi KTP, kartu BPJS yang asli dan fotokopi dan surat rujukan yang asalnya dari puskesmas atau dokter spesialis. Kelengkapan dokumen tersebut sangat diperlukan karena bisa mempermudah dan mempercepat proses administrasi ketika sobat harus di rawat di dalam rumah sakit tujuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *