berobat menggunakan bpjs

Cara Mudah Penggunaan BPJS Untuk Berobat

Sudahkah anda mempunyai BPJS? BPJS saat ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia karena manfaatnya yang besar. Terdapat dua jenis BPJS yaitu BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Artikel kali ini akan membahas tentang cara penggunaan BPJS untuk berobat di rumah sakit. BPJS Kesehatan juga bisa dijadikan sebagai asuransi jiwa yang akan membantu anda untuk berobat secara gratis dengan melakukan pembayaran secara rutin pada setiap bulannya. Anda bisa mendaftarkan diri anda sebagai peserta BPJS baik secara online atau pun secara langsung di kantor BPJS. Nah, bagaimana cara menggunakan BPJS ketika anda ingin berobat?

Baca juga 3 Cara Mudah Penggunaan BPJS Secara Bijak

Pertama, anda harus mengikuti prosedur pengobatan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS. Saat anda sakit dan ingin berobat, anda harus berobat ke fasilitas kesehatan tingkat 1 atau faskes tingkat 1 yang anda pilih ketika mendaftarkan diri anda sebagai pesera BPJS. Anda tidak boleh datang langsung ke rumah sakit karena pasti akan ditolak oleh pihak rumah sakit dan anda harus menanggung biaya pengobatan sendiri. Jika di fasilitas kesehatan tingkat 1 tidak bisa mengatasi penyakit anda, anda bisa meminta rujukan dari fasilitas tingkat 1 untuk pergi ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS.

Fasilitas kesehatan tingkat 1 biasanya adalah puskesmas setempat atau pun klinik yang telah bekerjasama dengan pihak BPJS. Jangan lupa untuk membawa surat rujukan, kartu BPJS, dan juga kartu keluarga karena benda itu akan ditanyakan di rumah sakit. Tanpa surat tersebut anda pasti akan disuruh untuk pulang lagi dan membawa pesyaratannya. Namun untuk pasien yang sangat darurat, anda pun bisa langsung pergi ke rumah sakit tanpa datang dulu ke fasilitas kesehatan tingat 1. Nah, kondisi yang darurat yang dimaksudkan adalah kondisi dimana akan membuat pasien membuat cacat atau pun kematian. Pembayaran BPJS per bulan bisa dilakukan melalui ATM, Alfamart, menggunakan pulsa, karena segala sesuatunya memang sudah sangat dimudahkan. Selamat bergabung dengan BPJS Kesehatan yang akan membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *