hewan kurban

Berqurban Setiap Tahun Meski Harga Jual Hewan Qurban Naik, Mungkinkah?

Untuk golongan yang mampu dengan pendapatan yang besar, berqurban setiap tahun tentu bukanlah hal yang sulit. Namun diantara masyarakat banyak sekali golongan yang kurang mampu namun tetap berniat untuk bisa berqurban. Bukan lantaran hati tidak ingin berqurban, namun kondisi perekonomian kerap kurang memungkinkan bahkan sekedar untuk memenuhi kebutuhan primer saja. Selain itu, harga jual hewan qurban yang selalu naik menjelang Idul Adha juga menjadi sebab selanjutnya.

Berqurban merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Semua umat muslim pasti sangat ingin untuk bisa berqurban sehingga nantinya memiliki bekal di akhirat dari pahala berqurban tersebut. Namun apalah daya karena kondisi yang tidak memungkinkan sehingga harus mengubur keinginan tersebut. Apabila Anda ingin bisa berqurban, sebetulnya Anda tetap bisa namun perlu usaha dan juga komitmen sehingga nantinya uang untuk berqurban bisa dicapai. Berikut ini beberapa caranya:

  1. Cicil tiap bulan
    Kesulitan untuk berqurban biasanya dilatarbelakangi karena Anda harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak sekaligus. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa mencicil sedikit demi sedikit setiap bulannya sehingga nantinya bisa terkumpul setelah 1 tahun untuk mendapatkan hewan qurban. Misalnya saja jika harga untuk kambing adalah 2 jutaan, maka simpanlah setiap bulan 200 ribu, maka dalam satu tahun akan terkumpul 2 juta lebih untuk membeli kambing.
  2. Rekening khusus
    Mungkin dalam penyimpanan untuk uang qurban ini kerap bercampur dengan uang kebutuhan pokok sehingga membuat uang yang sudah terkumpul pun kerap terpakai karena kebutuhan mendesak. Namun kembali lagi ke komitmen, jika Anda memang ingin menabung untuk berqurban, maka buatlah rekening khusus yang terpisah dengan rekening biasa sehingga uang tidak akan bercampur dan tetap ada komitmen untuk menjaga keutuhan uang di dalam rekening khusus tersebut.
  3. Menabung dalam bentuk emas
    Ketika uang Anda sudah cukup untuk berqurban namun khawatir akan terpakai, maka Anda bisa menerapkan cara dengan melindungi uang melalui membentuknya menjadi bentuk emas. Belilah emas dengan uang tersebut lalu cairkan emas dalam bentuk uang nantinya yang bisa ditukar dengan hewan qurban ketika Idul Adha.
  4. Program tabungan qurban
    Menabung sendiri terkadang cukup sulit karena selalu saja ada godaan yang membuat terpakainya uang qurban tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa menabung dengan mengikuti tabungan qurban yang banyak disediakan oleh lembaga qurban, perbankan syariah hingga kelompok arisan.

Itulah beberapa cara untuk bisa menguatkan hati dalam menyimpan uang demi bisa berqurban. Ketika Anda memiliki niat yang kuat disertai komitmen untuk menjaga keutuhan tabungan qurban tersebut, maka bukan tidak mungkin jika nantinya setiap tahun Anda bisa selalu ikut berqurban.