manfaat lompat tali

Manfaat Lompat Tali Bagi Wanita, dari Kesehatan Tulang Sampai Bakar Kalori

Saat masih kecil, Anda dan anak perempuan lainnya mungkin sering bermain lompat tali menggunakan tali yang dibuat dari rangkaian gelang karet. Sungguh menyenangkan, bukan? Tapi jangan hanya menganggap bahwa ini hanya sekedar permainan saja. Lompat tali merupakan bentuk olahraga yang akan sangat membantu para wanita untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh yang mereka inginkan. Inilah salah satu dari manfaat lompat tali.

Meski ketika dewasa olahraga ini tidak hanya dibatasi untuk wanita saja, namun memang lompat tali punya manfaat khusus bagi kaum hawa. Cara untuk menggunakannya pun mudah. Anda cukup memerlukan tali khusus dan memutarnya dengan pergelangan tangan untuk poros. Bisa dimainkan dengan memutar tali menyamping atau menyilang, lompatan yang dibuat ketika melakukan olahraga ini mampu memperkuat kaki.

Tapi tidak hanya itu saja manfaat olahraga lompat tali. Inilah yang akan Anda rasakan begitu Anda memulai latihan dengan intensif:

  1. Membakar lemak
    Lompat tali, dengan gerakannya yang membuat Anda harus melompat berulang-ulang, sangat efektif dalam membakar lemak di dalam tubuh. Dipadukan dengan diet yang seimbang, Anda akan mendapatkan tubuh impian Anda dalam waktu yang tak terlalu lama.
  1. Cegah osteoporosis
    Pengeroposan tulang yang membuat aktivitas fisik sangat terbatas ini juga bisa dicegah dengan melakukan olahraga lompat tali secara teratur. Karena dengan melakukan olahraga ini, Anda membuat semua bagian tubuh Anda bergerak dan aktif, membuatnya lebih kuat.
  1. Meningkatkan denyut jantung
    Setiap kali Anda melompat dengan menggunakan tali ini, maka denyut jantung pun semakin meningkat dengan teratur, memompa darah ke seluruh tubuh, dan membuat peredaran darah semakin lancar. Anda pun juga lebih efektif ketika membakar kalori.

 

Selama Anda melakukan olahraga ini dengan benar, dari melakukan pemanasan dan peregangan, beristirahat sesekali jika sudah merasa lelah, dan banyak minum air putih, maka dijamin, manfaat lompat tali di atas akan Anda rasakan segera. Tapi ingat, jangan memaksakan diri Anda ketika berolahraga. Jika otot sudah terasa sangat lelah dan mulai sakit, sebaiknya Anda segera berhenti dan beristirahat.