mengatur keuangan bagi perantau

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif untuk Para Perantau

Mengatur keuangan merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengetahui cara mengatur keuangan yang tepat, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya kerugian finansial dan membuat pengeluaran pun lebih stabil per bulannya. Apalagi bagi seorang yang merantau, mengatur keuangan tentu sangat penting untuk diperhatikan, misalnya perantau di luar kota atau bahkan luar negeri yang membuat pengeluaran menjadi berlipat ganda. Pengeluaran ganda ini diantaranya adalah pengeluaran untuk diri sendiri, dan pengeluaran untuk kebutuhan keluarga di rumah. Lalu bagaimana cara untuk mengelola keuangan yang tepat?

  1. Buat rincian alokasi dana. Total pendapatan dalam perbulannya usahakan harus diitung dengan cermat, dan jangan lupa untuk mengalokasikan dana pendapatan untuk pengeluaran yang penting terlebih dahulu misalnya untuk kebutuhan rumah tangga, maupun kebutuhan pribadi. Alokasi dana yang ideal dalam melakukan pengeluaran adalah kebutuhan rutin bulanan 50%, sedekah 5%, dana premi asuransi dan dana darurat 10%, tabungan 10%, investasi jangka panjang 15%, dan untuk hiburan atau rekreasi sebanyak 10% (menurut pakar perencana keuangan Prita Ghozie).
  2. cara mengatur keuangan yang kedua adalah catat dengan detail pemasukan dan pengeluaran. Catatan bisa dibuat dalam bentuk tabel, dengan kolom pendapatan, rencana pengeluaran, dan dana yang sudah dikeluarkan. Dengan membuat tabel pengeluaran ini, bisa membantu mempermudah dalam mengelola keuangan per bulan, maupun di bulan-bulan berikutnya.
  3. Atur jadwal kepulangan yang tepat. Bagi perantau, keluarga dan kampung halaman merupakan obat tersendiri untuk menghilangkan penat. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering pulang ke kampung halaman, karena selain boros untuk tiket perjalanannya, rasa lelah juga justru bisa memicu stress ketika kembali bekerja.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan yang bisa diaplikasikan oleh para perantau, baik oleh orang yang sudah berkeluarga, maupun lajang. Mengelola keuangan ini tentu sangat penting untuk dilakukan. Simak terus blog blitzmm yang menyediakan beragam tips menarik seputar berbagai hal, seperti tips menjaga kesehatan, mengatur keuangan, tips investasi, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *