berwakaf

Luasnya Peluang Investasi Wakaf di Indonesia

Wakaf merupakan salah satu cara yang dianjurkan di agama Islam untuk memberikan manfaat bagi banyak orang dan juga mengalirkan pahala yang termasuk dalam amal jariyah. Salah satu amalan jariyah adalah sedekah yang terus digunakan oleh orang lain meski si pemberi wakaf atau sedekah telah meninggal dunia. karena itu wakaf sering dikatakan sebagai investasi akhirat dan kini sedang gencar dilakukan dan disosialisasikan dengan banyaknya lembaga wakaf yang berdiri di Indonesia.

Indonesia merupakan negara Islam terbesar dengan jumlah penduduk yang juga termasuk paling banyak. Mayoritas penduduknyapun beragama Islam sehingga seharusnya sedekah, zakat dan wakaf di Indonesia mencapai jumlah yang mencukupi untuk mewujudkan masyarakat yang makmur. Namun pada kenyataannya saat ini masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan wakaf atau lembaga wakaf. Banyak yang masih menganggap bahwa untuk mengeluarkan wakaf atau zakat harus kaya terlebih dahulu. Padahal ada cara-cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap bisa berwakaf.

Indonesia yang memiliki banyak pulau dengan pemerataan penduduk yang masih tidak sempurna mengakibatkan pulau-pulau terluar berada dalam kondisi yang masih kurang dibandingkan pulau Jawa atau pulau besar lainnya. Hal ini lah yang membuat peluang investasi wakaf di Indonesia masih terbuka dengan luas. Anda yang hendak berwakaf bisa menyisihkan harta untuk membangun berbagai sarana umum yang ditempatkan di pulau-pulau tersebut. Dengan begitu bukan hanya Anda yang mendapatkan manfaat dari pahala wakaf namun juga masyarakat setempat yang juga bisa mengambil manfaat dari wakaf yang Anda berikan.

Selain berwakaf dalam bentuk gedung, Anda juga bisa mewakafkan barang lainnya berupa alat pertanian modern, alat perkebunan, atau berbagai buku pendidikan yang bisa dipergunakan masyarakat setempat untuk mengusahakan kehidupan mereka menjadi lebih baik. selain berwakaf untuk keperluan pulau tertinggal, di Indonesia juga masih terdapat peluang wakaf yang besar untuk menyediakan berbagai fasilitas umum terutama di wilayah pedalaman. Selain fasilitas umum berupa gedung, Anda bisa membangun jembatan yang setiap harinya bisa memudahkan orang untuk berlalu lalang dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya.

Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk dalam jumlah yang banyak, seharusnya bisa menjadi negara kaya dengan cara mensosialisasikan manfaat wakaf, infaq dan sodakoh. Jika semua umat Islam melakukannya akan ada kegiatan tolong menolong antar masyarakat sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri. Bayangkan ketika Aceh tertimpa musibah tsunami, berapa banyak bantuan yang mengalir dari dalam negeri sendiri. Contoh itu seharusnya bisa juga dilakukan tanpa menunggu ada bencana yang melanda saudara sebangsa. Dengan adanya basis zakat, wakaf dan sodakoh yang cukup, maka setiap wilayah bisa memiliki pasokan dan atau pangan yang cukup untuk mengatasi bencana.