manfaat kalkulator zakat

Serba-serbi Kalkulator Zakat yang Sangat Bermanfaat

Memahami sistem kalkulator zakat tentu akan sangat menguntungkan supaya memberikan kesadaran untuk membayar zakat sesuai tuntunan Islam. Membayar zakat memang sudah menjadi kewajiban semua umat muslim tanpa terkecuali. Namun beberapa jenis zakat hukumnya menjadi wajib apabila sudah memenuhi nishab yang dihitung menggunakan standar 86 gram emas. namun banyak orang yang meskipun setelah di nishab tidak memiliki kewajiban membayar zakat tetap melakukannya meski dengan presentase yang lebih kecil. Tentunya menarik untuk disimak sekaligus ditiru sebab memberikan sebagian harta menawarkan banyak manfaat.

Manfaat Berzakat untuk Akhlak Pelakunya

Membayar zakat memang memerlukan keikhlasan sebab mengeluarkan sebagian kecil dari total harta yang dimiliki kadang terasa berat. Terutama jika merasa selama ini sudah berjuang setengah mati untuk mengumpulkan ataupun mendapatkan harta tersebut. Ketidaksiapan dalam membayar zakat tentu perlu dihindari, terutama jika sudah memasuki nishab dan hukumnya menjadi wajib. Harta yang Anda bagikan kepada orang lain sebagai pemenuhan kewajiban membayar zakat sejatinya tidak mengurangi jumlah harta Anda, melainkan sebaliknya.

Ketika Anda sudah mampu dan mau mengeluarkan sebagian kecil harta untuk membayar zakat maka akan ada banyak manfaat bisa dipetik. Ada manfaat tersendiri bagi akhlak Anda, yaitu:

1. Menjadikan sosok yang lebih dermawan,
Merelakan sebagian hartanya untuk dibagikan kepada orang lain tentu menjadikan diri Anda sebagai pribadi yang murah hati. Kali pertama melakukannya bisa karena tuntutan namun perlahan akan menjadi kebiasaan dan semakin ikhlas. Selama itu pula dalam diri Anda nantinya akan tumbuh sifat dermawan, dan mau memberikan harta lebih banyak di setiap saat terlebih ketika bertemu orang yang membutuhkan bantuan.

2. Menumbuhkan rasa kasih sayang dan empati,
Berbagi apapun tentu akan membantu memupuk rasa kasih sayang sebab sudah membantu meringankan beban orang banyak. Memberikan bantuan memang tidak harus dalam bentuk uang, namun ketika dihadapkan pada kewajiban zakat maka bisa mengeluarkan sejumlah uang untuk menunaikannya. Pelaksanaan ini akan membantu mengubah akhlak Anda menjadi lebih baik yakni semakin tumbuh rasa kasih sayang dan empati pada sesama. Memahami betapa besarnya manfaat zakat yang Anda bayarkan akan membantu kasih sayang antar sesama muslim.

3. Lebih ikhlas dan terbebas dari sifat pelit,
Menjadi pribadi yang ikhlas memang bukanlah perkara mudah terlebih jika sejak kecil Anda tidak pernah belajar mengenai berbagi. Namun dengan kesadaran akan kewajiban membayar zakat atas harta yang dimiliki. Perlahan Anda akan memiliki sifat ikhlas yang tinggi dan nantinya bisa mengusir sifat pelit. Orang yang pelit tentu tidak mudah mendapatkan teman, semakin kaya dirinya maka semakin pelit pula sifatnya sehingga malah semakin dijauhi. Hidup seorang diri tentu tidak nyaman maka mulai dari sekarang membayar zakat sesuai ketentuan.